DIY Tumeric Mask

7:32 PM

Siapa yang sebenernya suka maskeran, tapi kulitnya terlalu rewel sama bahan-bahan kimia yang terkandung di masker yang ada di pasaran??? Or is it just...me?

Well, iya aku sebenernya suka banget maskeran. Mudah tergoda sama masker masker yang berjejeran cantik di etalase toko kosmetik. Tapi kulitku ini rewel banget kayak bayi lagi pilek. 

Ada kandungan ini, malah jerawatan. Ada kandungan itu, malah jerawatan. Gitulah pokoknya. Kalo habis jerawatan lalu kempes sih gapapa, nah ini udah tambah jerawatan, tambah bikin keluarga lagi itu jerawat grrrr

Jadi aku suka searching-searching masker yang alami, dan kalo bisa yang bisa dibikin sendiri. Nah, kemarin aku lihat videonya Promise Phan, tau kan Promise Phan? Nggak tau? Esteje... googling deh. Dia punya guguk lucu  :3

Nah, Promise Phan ini ngasih info kalo dia suka pake masker Kunyit biar kulitnya bersih, cerah, dan nggak berjerawat, 

lihat video disini


Adapun (adapun???) manfaat dari kunyit sendiri itu banyak Selain bikin sedap masakan, aromanya segar, kunyit juga bermanfaat buat menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, mencegah keriput, mengatasi kulit kering dan berminyak, dll.

Menyenangkannya, pasti di dapur ada kunyit. Terutama orang indonesia. Coba bongkar deh lemari masaknya, pasti ada. Kalo nggak ada? Ya beli. Murah kok kalo di hypermart itu kalo ga salah 9ribu sebotol.

Oke, kita siapkan bahan-bahannya yak...


Bahan-bahan
  1. Tepung beras, aku pake rose brand. Adanya itu sih di dapur. Aku juga nggak tau tepung beras merek lain :D 
  2. Bubuk Kunyit 
  3. Madu . Aku pake madu flora, tapi kayaknya madu lain juga gapapa deh asal ga madurasa... 
  4. Yoghurt plain. Yang bentuknya creamy ya, jangan yang cair kayak yakult. Juga jangan yang rasa rasa. Yang plain aja. 
  5. Piring/mangkok, sendok buat nyampur, dan kuas masker. Kalo ga ada, pake tangan aja gapapa asal tangannya bersih ya 



Step by Step

1. 2 sdt bubuk kunyit, ditambahin 1 sdt tepung beras





2. Tambahkan 2 sdt yogurt plain




3. Tambahkan lagi 1/2 sdt madu





4. MIX EVERYTHING! Kalo kurang, tambahin madu dikit biar bisa nyampur



Terus olesin deh di muka yang udah dibersihin sebelumnya. Boleh pake kuas, atau pake tangan aja gapapa. Nggak bakalan bleber kemana-mana kok maskernya. Dia langsung nemplok rapet di muka. Lalu biarkan 15-20 menit.




Asik cyin...kuning semua kayak the simpson.
Wanginya enak banget menurutku. Wangi jamu-jamuan yang segeeerrrr banget. Kalo nggak suka jamu, mungkin jadinya baunya ga enak. Tapi karena ini aku, yang suka jamu, jadi aku suka sama wanginya. Kayak wangi sinom, beras kencur... yang seger banget diminum sama es pas siang-siang. Pengen jilat. Eh sudah kejilat sih, rasanya langu... apa ya bahasa indonesisanya langu? Hambar? Kayak kapur?

Oh ya, setelah 20menit buruan dibilas loh ya. Kalo nggak semakin menguning di muka.

Awalnya aku pikir tepung beras itu fungsinya kayak scrub gitu kalo dibilas sama bisa gosok-gosok. Tapi ternyata, waktu aku nyobain ga pake tepung beras, warna kuningnya semakin melekat di muka dan susah dibersihkan. Jadi fungsi tepung beras ini mengurangi noda kuningnya kunyit yang nempel di muka.

Buat hilangin kuning-kuning di muka, aku pake makeup remover campur toner. Langsung bersih kok...

Waktu terbaik buat pake masker ini malem hari. Soalnya kalo habis maskeran kunyit, terus kena sinar matahari, malah semakin gosong loh mukanya.... Yaaa... jadi amannya malem aja. Lumayanlah sambil nonton sinetron, terus ntar pas jeda iklan bisa bilas muka

Aku lagi rajin maskeran pake kunyit ini, penasaran sama hasilnya. ini udah minggu ke tiga, dan aku maskeran seminggu 2x. Mukaku terasa lebih baik... Kulitku kan berminyak, lumayan berkurang minyakannya. Terus di minggu pertama kemarin aku purging, keluar semua jerawat kecil-kecilnya. Tapi sekarang udah kering semua kok tinggal bekas-bekasnya...

Wanna try?

You Might Also Like

9 comments

  1. hai (mantan) tetangga :D
    iseng lagi blogwalking eh nemu blogmu hahaha~
    nice post dit ! aku pas lagi jerawatan ini di pipi dan hilang muncul hilang gitu kayak kenangan mantan *eh
    intinya, untuk ukuran masker yang kamu buat ini kira2 bisa dipakai sampe berapa kali ya ?

    -iha-

    ReplyDelete
    Replies
    1. ihaaaaa :*

      Ini cukup buat sendiri kok. Atau kalau kebanyakan (terlalu cair or something) bisa dipakai ber 2

      Delete
  2. Aku gak pernah pake campuran lain dan bekas kuningnya kok mudah dihilangin ya mbak Dit ._. tapi ngilanginnya double cleansing sih. Dan, kunyit ini jadi andalan juga kalau lagi jerawatan!

    limlimzi.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. di aku kalo ga pake campuran lain, kunyitnya pekat banget dan ga bisa ilang

      Delete
  3. efeknya keliatan kalo udh pemakaian berapa lama? ini bisa ilangin bekas jerawat dan mencerahkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernah posting di instagram hasil pakai masker ini:
      https://www.instagram.com/p/2FTOizSY7y/

      Delete
  4. ohhh kak. jadi kita itu pake bubuk kunyit yah? bukan kunyit diparut gtu? heheee
    ada yaa kak jual bubuk kunyit gitu?

    ReplyDelete
  5. dit, aku pengen coba juga ihhh~ walo muka ga banyak bekas jerawat, pengen aja ngerasain maskeran kunyit kayak simpsons xD


    tulisandarihatikecilku.blogspot.co.id

    ReplyDelete

Instagram