Belajar Dandan Banget Nih? #1

Tuesday, October 6, 2015


Hai.

Jadi, ini post aku bikin karena tiba-tiba inget pertanyaan yang SERING banget aku dapat yaitu : "Mbak, kapan lulus?" Nggak ding. Tapi itu beneran juga. Yang bener:


"Kalau baru mau belajar dandan, apa aja sih yang diperlukan?" 

Terus aku inget-inget, kayaknya aku belum pernah nulis post khusus soal basic makeup, belajar dandan, atau apadeh yang sejenis itu.

Dan jadilah post ini.

Sebenernya nggak ngajarin banget sih ini. Cuma mau berbagi aja berdasarkan pengalamanku. Dan produk yang aku pakai disini juga sesuai sama budgetku, nggak ada yang harganya lebih dari 200 ribu, Tapi kamu nggak perlu ngikutin merek yang aku pakai, karena makeup itu cocok-cocokan. Kamu pakai aja yang sesuai dengan kulit dan budget masing-masing. 

Nggak perlu numpuk banyak produk kok buat belajar dandan. Kamu cuma perlu menyiapkan:


1. Foundation 


Menurutku foundation ini penting. Soalnya ini yang paling dasar banget. Foundation bisa membuat kulitmu terlihat lebih flawless. Tapi pastikan kalau kamu memilih foundation sesuai dengan jenis kulitmu.

Foundation ini bentuknya macem-macem. Ada yang cair, padat, mousse, stick, powder. Dan coverage nya juga berbeda-beda. Ada yang sheer, medium, dan full (bener-bener nutup semua noda di wajah). Kamu sesuaikan aja sama kebutuhan. 

Kalo aku sih, rekomendasikan foundation cair buat kamu yang masih pemula. Karena menurutku nih, lebih mudah di blend daripada jenis yang lain. 


2. Concealer
Kalau kamu merasa foundation aja nggak cukup buat nutupin mata panda, atau bekas jerawat, nah.. berarti kamu perlu pakai concealer. Karena kalau kamu "paksa" foundationnya, nanti bakal cakey di muka atau jadi terlihat putih keabu-abuan gitu lah di muka. 

Concealer juga bentuknya ada yang liquid, ada yang cream. Kalo aku sih punyanya yang cream. Aku dulu pernah punya yang liquid, yang ada gagangnya juga kayak lipgloss, tapi aku lebih mudah ngeblend kalau pakai yang cream. Lebih nutup juga. 

Eh tapi terserah sih, ini menurut aku aja.. Nggak nurut nggak apa-apa.



3. Bedak


Ini juga terserah, mau yang tabur atau yang padat. Atau two way cake, alias compact powder yang udah ada foundationnya. 

Kalo aku sih, nggak cocok pakai two way cake, pasti cakey atau bruntusan. Jadi aku lebih suka pakai compact powder atau yang tabur. Bedak tabur itu oke banget buat nge-set foundation. Terutama buat yang kultinya berminyak, bedak tabur ini bikin foundationmu bertahan lebih lama oil controlnya.

4. Blush On
Blush on ada yang shimmer, ada yang matte. Shimmer itu... yang agak bling-bling. Kalo aku, suka yang matte. Karena menurutku lebih natural aja sih. Tapi kalau kamu kepingin yang shimmery, pilih yang shimmernya agak halus. Biar terlihat glowy natural, bukan saingan sama lampu disko. 

Akhir-akhir ini sih aku lagi suka pakai cream blush, soalnya enak aja ngeblend-nya. Meskipun agak tricky sih... Kamu pasti pernah dengar tips memakai lipstik sebagai blush kan? Nah ya gitu ngeblend-nya. 



5. Eyeliner


Seriusan deh, mata kamu bisa berubah banget hanya dengan segaris eyeliner ini. Bisa lihat tembus pandang. Nggak ding. Mata kamu bisa terlihat lebih besar, lebih panjang, lebih lebar, pokoknya bisa terlihat lebih lively lah. 

Buat pemula, coba pakai eyeliner pensil dulu kalau takut pakai eyeliner cair. Nah, kalau sudah lihai pakai eyeliner pensil, buat belajar pakai eyeliner cair, tumpukin hasil garis eyeliner pensil tadi dengan eyeliner cair. Meminimalisir bleber.  

Atau tonton videoku yang ini:





6. Eyebrow Pencil


Seperti yang aku jelaskan di postku yang sebelumnya, kalau masih pemula banget nget nget, mendingan pakai eyebrow pensil biasa aja. Buat brow pomade, brow gel, kayaknya buat tingkat lanjutan kalau kamu sudah tau banget alismu harus berbentuk dan setebal apa.

Sekarang aku lagi suka pakai pensil alisnya Just Miss. Perlu di review kah? Aku udah repurchase berkali-kali.



7. Mascara
Ini optional sih, aku nggak terlalu suka pakai maskara juga sebenernya. Aku lebih prefer pakai bulu mata palsu soalnya lebih dramatis. Tapi maskara itu bikin bulu mata kamu terlihat lebih panjang dan lentik. Beberapa produk bahkan sampai bikin bulu mata kamu terlihat full dan panjang. Udah kayak pakai bulu mata palsu.

Maskara, kalau kamu gampang berkeringat dan berkemungkinan akan kena air, kayak berenang atau wudhu, mendingan pakai yang waterproof. Tapi kekurangan pakai waterproof itu, kemungkinan bulu matamu rontok itu tinggi. Terutama pas lagi bersihin.



8. Eyeshadow


Kalau buat belajaran, mendingan pakai yang warnanya natural. Kayak warna-warna coklat. Udah aman banget deh itu. 

Kalau buat jalan-jalan biasa, aku lebih suka pakai yang matte. Tapi kalau lagi ada acara yang agak resmi gitu, atau ada kawinan, aku suka yang bershimmer. Soalnya mata jadi terlihat lebih glam gitu aja sih.  Kekurangan eyeshadow matte sih.. hmm.. agak susah dibaur gitu. Kalau yang agak bershimmer, lebih keluar warnanya.



9. Lipstick 


Nah, ini diaaaa... Menurutku, dandanan kamu terlihat kalau kamu pakai lipstik. Kamu bisa terlihat serius, terlihat lembut, terlihat ceria, terlihat jahat, hanya dengan warna lipstik. Kamu bisa sesuaikan mood-mu dengan lipstik.

Cobain deh berbagai macam dan warna lipstik. Sekarang lagi jaman liquid lipstick. Tapi aku masih lebih suka pakai lipstik biasa sih. Soalnya lebih praktis aja. Kadang-kadang aku masih cemot kalo pakai liquid lipstick. Masih belum terbiasa...

Finishingnya juga macam-macam. Ada yang matte, glossy, satin, sheer....

----
Nah, itu semua peralatan yang perlu kamu punya untuk memulai dandan. Nggak perlu langsung bikin smokey eyes. Cukup bikin masalah aja. Pokoknya bertahap aja dulu. Belajar pakai eyeliner, belajar bikin alis, belajar ngeblend eyeshadow, cari jati diri lewat warna-warna lipstik...

Practice makes perfect! Nggak masalah kalau alis beda sebelah, kalau eyeliner tebal sebelah... hal yang wajar. Lama-lama kamu bakal terbiasa kok. Terbiasa eyeliner tebal sebelah. Wkwk. Nggak lah, kamu pasti bakal bisa pakai eyeliner secara benar. Nggak bergetar lagi. Mungkin semakin kesini kamu bisa pakai eyeliner sambil joget.

Eh tapi, nggak masalah loh eyeliner tebal sebelah kalau buat mengimbangi. Aku juga kalau eyelineran, tebal sebelah soalnya mataku yang sebelah kiri lebih sayu dari yang kanan. 

Kalau kamu mau, kamu bisa lihat makeup tutorialku di video ini. Aku bikin yang bener-bener gampang. Daaaan disini aku juga bikin tutorial ALIS. Gimana aku menggambar alisku, gimana caranya bikin bingkai alis, semuanya ada di video dibawah ini.


Subscribe juga yaaa...

Selamat berdandan ria~




22 comments:

  1. Dandan memang perlu. Tapi aku punya temen, dandanannya menor banget. Wajahnya putih seperti hantu. Alisnya di pensilin juga. Anehnya, padahal dia cowok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... nggak apa-apa, namanya orang kan hobinya beda-beda.
      Berani nggak, bilangin kalo bedaknya terlalu putih? Siapa tau besok-besok dia nggak terlalu putih.

      Delete
  2. Great post buat yg masih awam make up.
    Aku jg dulu eyeliner miring2,belepotan, dsb.
    Bikin alis udh kaya pisang goreng zzz.
    Tp kelamaan pasti bisa.
    Practise makes perfect itu emang bener.

    kawaii-diary98.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Aku gak bisa kalo gak ada eyelash curler pake mascara apa aja tetep turun eyelashnya listnya bakal lengkap buat aku kalo ada lash curler :D

    Visit VALENCIALALA.blogspot.com // BLOGLOVIN


    NEW POST

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku jg punya eyelash curler tapi jd tergeletak gt aja soalnya nggak demen :))

      Mungkin next post aku bs masukin ke daftar tools yg diperlukan? Makasih masukannya :)

      Delete
  4. blush on aku ada shimmer nya. kadang-kadang aku ganti pake lipstick biar gak bling-bling melulu XD

    ReplyDelete
  5. Bagusnya pake moisturizer/serum dlu baru foundie heheeh..
    Ifrillah.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup :) post soal skincare nanti ada sendiri ^^
      Ini khusus makeup dekoratif

      Delete
  6. Aku menunggu review-an pensil alisnya hihihi...

    http://farrelandmerry.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  7. yang paling penting base utk mukanya ga keputihan aja, kebanyak cewe indo pengen keliatan putih jadi kalo make foundie kadang kaya sadako :"") btw, aku masih penasaran sama concealer palletenya make over duh, belom sempet kebeli-kebeli wkwk

    http://ourbeautystory.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kadang2 emang rada susah sih nyari foundie yg warnanya pas :'
      Kalo keputihan gt jadi abu2 dimuka, kayak habis kecebur di adukan semen

      Delete
  8. Review pensil alis!! *demo minta review*

    isthiutamid.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diharap para warga tenang dulu. Reviewnya akan segera diterbitkan. Jadi dimohon sabar dan menunggu di rumah masing2 :))

      Delete
  9. aku awalnya juga cuma suka blush on yang matte, tapi kesini2 jadi suka yang ada shimmernya karna toh aku selalu pake highlighter juga biar pipinya keliatan lebih glowing :)
    kalo alis masih musiman sih haha kadang hasilnya bagus, kadang ga jelas -__-

    Sitha l lemmeswatchit.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Musiman kayak duren ya buk~
      Iya sih tapi. Kadang2 alisku juga tipis, kadang tebel, kadang naik sebelah, kadang panjang sebelah. Ah ya namanya juga....

      Delete
  10. aku juga pernah mba pakai justmiss eyebrow yg item ini sekarang udah kuhibahkan ke mama. yg ada serutan dicapnya. ntah aku yang emang ngga bisa pakai alis atau emang terlalu semangat jadi selalu berasa ketebelen padahal pakainya uda melayang-layang cantik tanganku hahahaha. tapi temenku pakai yg brown bagus jadinya. tapi teteup ditunggu reviewnya ya mbaa . mungkin bisa keracunan lagi hehe , 4000 itu sungguh menggiurkan emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku nggak demen pakai yg item ses, soalnya rasanya tebel banget. eh tapi punya just miss yang batangnya warna orens itu, warna itemnya cakep lo. Natural. Nggak cereng.

      Delete
  11. kira2 ada nggak ya produk yang ngejual 1set itu? yang budget anak sekolahan kwkw tolong rekomendasinyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silkygirl non. Ada bedak, bb cream, eyeliner, lipstik, mascara, blush on, eyeshadow.
      Harganya juga terjangkau sih menurutku.
      Paling mahal 80k kayaknya

      Delete