Tips Memilih Foundation

Thursday, July 27, 2017

Pertengahan tahun semakin semarak dengan banyaknya undangan nikahan dari teman-teman. Lumayan bikin baper dan galau merasa tertinggal. Tapi tetep, perasaan galau itu hanya sementara dan nggak ada yang lebih menggalaukan lagi buatku selain salah milih foundation.



Ini krusial banget dah. Udah mahal-mahal beli, eh ternyata pas dirumah nggak cocok. Entah warnanya lebih putih atau terlalu gelap, atau malah bikin break out. Mau dibalikin nggak bisa, mau dianggurin sayang. Sedih parah.

Buatku nih ya, aku perlu beberapa hari untuk memutuskan apakah aku bakal beli foundation incaranku itu atau nggak. Walaupun aku sudah bertapa dan minta restu orangtua, kadang masih aja aku salah beli foundation. 

Nah, dari berbagai kesalahan yang sudah aku perbuat, aku bakal berbagi tips ke kalian untuk memilih foundation yang tepat. Ya... setidaknya meminimalisir kesalahan lah.



Kenali Jenis Kulit
source: wikihow
Sama seperti skin care, foundation juga ada yang untuk kulit kering, oily, dan normal. Nggak bisa pukul rata.

Misal, foundation yang diperuntukkan bagi kulit berminyak biasanya cenderung kering karena memang diformulasikan agar nggak cepat berminyak. Gimana kalau foundation untuk kulit berminyak ini dipakai oleh kamu yang kulitnya kering? Hasilnya akan cepat cracking. Dry patch akan semakin terlihat.


Sesuaikan dengan Undertone
souce: beautylish.com
Undertone adalah warna dasar kulit. Warna dasar kulit ini nggak akan berubah meskipun kamu terbakar matahari, atau pakai pemutih. Undertone ada 3: cool undertone, warm undertone, dan neutral undertone.

Belum tentu kamu yang kulitnya sawo matang itu pasti warm undertone loh! Gimana cara taunya? Kamu bisa lihat pergelangan tanganmu, kan ada nadinya tuh. Kamu lihat kalau nadimu lebih ke ungu, berarti kamu cool undertone. Kalau lebih ke hijau, berarti warm undertone. Kalau ungu iya ijo iya, berarti kamu siluman. Nggak nggak, berarti kamu neutral undertone.


Langsung coba di kulit!

Ini pentingnya langsung datang ke konter dan mencoba di kulit. Oles dan ratakan foundation di bagian rahang sampai kena leher. Kenapa gitu? Karena wajah dan leher biasanya warnanya agak beda.

Kalau wajah kamu lebih terang dari leher, maka cari foundation yang warnanya sama seperti warna leher kamu. Kalau wajah kamu lebih gelap dari leher, cari warna foundation yang warnanya sama seperti warna wajahmu. Dengan begitu, kamu nggak kelihatan belang dan dempul!

Gimana kalau pakai jilbab? Oleskan aja di bagian rahang.


Test Oxidizing
Oxidizing merupakan reaksi produk terhadap udara. Biasanya produk yang teroksidasi bakal berubah warna entah menggelap cenderung agak oranye, atau malah lebih keabu-abuan. Bukan hal yang membahayakan kulit sih sebenernya. Cuma jelek aja kan kelihatannya kalau foundationmu oxidized dan wajahmu jadi terlihat orens banget.

Maka dari itu, kalau kamu mencoba tester di konter ada baiknya kamu bawa jalan-jalan dulu sebelum memutuskan buat beli. Lihat apakah oksidasinya parah. Kalau kamu suka foundationnya tapi di oxidized, kamu bisa pilih shade yang satu tingkat lebih terang dari warna kulitmu. Jadi waktu foundation kamu oxidized, dandanan kamu masih oke oke aja.

Selamat hunting! Semoga lekas bertemu dengan jodoh foundation yang tepat ya!

2 comments:

  1. Ngakak pas bagian (( siluman ))

    Dittt dittttt kalo misal nadiku warnanya pink. Gimana hayo?


    tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    ReplyDelete